Disini Anda mendapatkan pertanyaan-jawaban yang paling sering ditanyakan seputar tentang Sentra Bisnis FASTPAY, pendaftaran, aktivasi, transaksi serta tentang tiket & reservasi.

1. Apa itu Sentra Bisnis FASTPAY (SBF)?
Sentra Bisnis FASTPAY (SBF) adalah pusat bisnis dengan beragam LAYANAN LENGKAP yang dikhususkan bagi para calon pebisnis baru atau member Sentra Bisnis FASTPAY menjadi lebih beragam.
Berikut layanan yang dapat Anda jalankan bila bergabung bersama Sentra Bisnis FASTPAY

2. Apa keunggulan Sentra Bisnis FASTPAY (SBF) dengan bisnis lain?
  • Layanan TERLENGKAP di Indonesia, meliputi: Layanan PENJUALAN BARANG, Layanan RESERVASI TIKET, Layanan PAKET WISATA, Pembayaran TAGIHAN, Layanan KEAGENAN, Layanan PERBANKAN dan Layanan UMROH.
  • Komisi berjenjang yang sangat menarik dan sangat berbeda dengan sistem bisnis kompetitor yang “kemarin” dengan 2 level secara langsung.
  • Komisi Reward Leveling Aktivasi maupun Reward Transaksi hingga 5 level secara komunitas.
  • Edukasi yang berkesinambungan dan pendampingan bisnis yang akan diberikan sesuai dengan tahapannya.
  • Beragam materi promosi yang tersedia sangat powerfull.
3. Siapa saja yang bisa menjalankan bisnis di Sentra Bisnis FASTPAY (SBF)?
Semua orang bisa menjalankan bisnis ini, APAPUN PROFESINYA! baik itu ibu rumah tangga, pemilik toko kelontong, warung kopi, salon kecantikan, agen tour & travel hingga karyawan perusahaan bisa mengembangkan bisnisnya di Sentra Bisnis FASTPAY.
4. Keuntungan apa yang bisa saya dapatkan di Sentra Bisnis FASTPAY (SBF)?
Anda bisa mendapatkan keuntungan penghasilan yang besar lebih dari 17,5 juta/bulan dengan pengembangan bisnis yang ada di SBF, lebih lengkapnya LIHAT SIMULASI BISNIS. Keuntungan lainnya, Anda akan mendapatkan mentor untuk membantu Anda menjalankan bisnis SBF. Mentor dan pendamping bisnis bisa Anda dapatkan dari upline dan dari tim bisnis SBF pusat secara langsung. Tim kami akan secara reguler menadakan webinar untuk sharing ilmu dan tips berbisnis untuk Anda.

5. Bagaimana bergabung di Sentra Bisnis FASTPAY?
  • Silahkan mengakses situs resmi kami www.fastpay.co.id atau lihat cara registrasi berikut, atau Anda bisa mendatangi outlet-outlet Sentra Bisnis FASTPAY terdekat.
6. Apakah yang dimaksud dengan Toko Modern FASTPAY?
Toko Modern FASTPAY (TOMO) adalah sebuah perwujudan dari Bisnis Komunitas SBF, dengan Tagline “APA AJA ADA” memberikan banyak layanan kebutuhan masyarakat Indonesia dalam satu tempat. Modal sangat kecil untuk memiliki produk jualan barang berjumlah ratusan ribu dan berbagai macam bisnis dengan layanan lebih dari 309 produk. TOMO juga sangat cocok bagi Anda yang telah memiliki bisnis sendiri dan ingin meningkatkan omzet penjualan tanpa tambahan.

7. Mengapa saya harus memilih Toko Modern FASTPAY?
Toko Modern FASTPAY (TOMO) adalah satu-satunya bisnis yang sangat mudah dijalankan meskipun Anda seorang pemula, cukup dengan MODAL KECIL, RESIKO SANGAT RENDAH, namun PROFIT SANGAT TINGGI. Melalui TOMO FASTPAY Anda bisa melayani dengan berbagai layanan bisnis, Toko Modern FASTPAY dilengkapi ratusan ribu barang SIAP JUAL, Bisnis Wisata & Umroh, Bisnis Tiket & Reservasi Hotel, Layanan PPOB (pembayaran tagihan bulanan), Layanan Perbankan (buka rekening, setor tunai, tarik dana, dll), Layanan Ekspedisi Barang, Layanan Keagenan, Asuransi, Periklanan, Pemasangan TV, dll.
Keanggotaannya berlaku seumur hidup dan selalu mengikuti tren pasar. Dengan dukungan tool marketing SBF, Anda berhak mendapatkan pelatihan-pelatihan tentang pengetahuan produk dan layanan TOMO FASTPAY, bagaimana cara memasarkan produk-produk TOMO FASTPAY dan cara mendapatkan penghasilan yang besar dari transaksi TOMO FASTPAY bahkan mendapatkan pasive income dari pengembangan bisnis komunitas SBF.
8. Apa saja yang diperlukan untuk membuka Toko Modern FASTPAY?
BISNIS INI MUDAH! bisa dijalankan oleh siapa saja. Syaratnya pun mudah, Anda bisa melakukan bisnis ini di rumah Anda dengan menyediakan laptop/komputer, internet, printer, dan beberapa perangkat pendukung lainnya yang mudah didapatkan.
  • PC/Laptop dengan layar monitor besar minimal 17″ (touchscreen/LCD) (opsi 1)
  • LCD Monitor 21″ – 32″ layar sentuh + PC/PC Stick (opsi 2).
  • Tablet 10 inci (opsi 3).
  • Ketiga opsi di atas adalah salah satu syarat untuk display Layanan Penjualan Barang secara maksimal.
Perangkat Pendukung:
  • Printer tinta/deskjet biasa atau printer dotmatrix LX300.
  • Koneksi internet (Speedy, modem GPRS, CDMA, dll).
  • Kertas A4 dibagi 4 (untuk printer tinta) atau kertas A6 continuous (untuk printer dotmatrix).
9. Apakah penghasilan saya nantinya akan terbatas hanya dari Toko Modern FASTPAY?
Selain Anda berbisnis Toko Modern dengan membuka/melengkapi usaha Anda yang saat ini berjalan, Anda bisa berbisnis melalui sistem mitra afiliasi. Yaitu dengan cara mengajak teman, relasi, saudara, atau siapa saja untuk membuka Toko Modern, Anda berhak mendapatkan Rp450.000 – Rp700.000 per orang yang Anda ajak tersebut.
Bonus lainnya bisa Anda dapatkan dengan mengembangkan Afiliasi Mitra untuk mendapatkan Pasif Income hingga lebih dari 1M dalam 1 tahun, bahkan mendapatkan Bonus Rumah idaman Anda. Lebih detail bisa Anda lihat di BONUS MITRA AFILIASI.
Registrasi, Aktivasi, Deposit dan Transaksi
1. Paket keanggotaan apa saja yang ada di Sentra Bisnis FASTPAY?
2. Bagaimana cara bergabung dengan Sentra Bisnis FASTPAY?
  • Melalui website Sentra Bisnis FASTPAY
  • Melalui Korwil Sentra Bisnis FASTPAY terdekat
  • Melalui Outlet Toko Modern FASTPAY terdekat
  • Pendaftaran via SMS:
    • Ketik: FASTPAY*nama*alamat*kota
    • Contoh: FASTPAY*andi*jalan darmo 55*Surabaya
    • Kirim ke SMS Center Sentra Bisnis FASTPAY: 0857 3032 0058 (Indosat) / 0812 2889 9888 (Telkomsel) / 0878 3839 5999 (XL)
Setelah seluruh proses registrasi selesai, akan segera mengirimkan melalui sistem user name/ID serta PIN/password loket melalui nomer ponsel dan email yang telah Anda daftarkan untuk dapat Anda aktivasi dengan segera.
3. Bagaimana cara melakukan aktivasi member?
  • Melalui website Sentra Bisnis FASTPAY di menu AKTIVASI
  • Atau via SMS dari no HP Anda yang terdaftar di Sentra Bisnis FASTPAY:
    • Ketik: AKTIF*NAMA BANK*350000*ID OUTLET*PIN
    • Contoh: AKTIF*MANDIRI*350000*FA887763*123456
    • Kirim ke SMS Center Sentra Bisnis FASTPAY: 0857 3032 0058 (Indosat) / 0812 2889 9888 (Telkomsel) / 0878 3839 5999 (XL)
  • Transfer dana aktivasi, ke Nomor Rekening Sentra Bisnis FASTPAY berikut:
    • BRI : 0360-01000-279-306 Atas Nama : PT Bimasakti Multi Sinergi
    • Mandiri : 141 – 0021 – 778899 Atas Nama : Ibnu Sunanto
    • BCA : 822 – 063 – 3579 Atas Nama : Ibnu Sunanto
    • BNI : 22 – 7575 – 8998 Atas Nama : Ibnu Sunanto
4. Bagaimana dengan pengiriman starter-kit bisnis?
Staterkit akan dikirim setelah ID dan username Anda resmi TER-AKTIVASI. Starterkit berisi:
  • Alat Promosi Bisnis (Signboard*, Spanduk, Brosur, Umbul-umbul, XBanner, dll)
    * Signboard hanya didapat oleh pendaftar Enterprise & Entrepreneur
  • Security dongle (USB) untuk pengaman transaksi loket Anda
  • CD program aplikasi dan software pendukung.
  • CD berisi ebook motivasi bisnis, audio bisnis dan ebook panduan transaksi.
  • Surat penunjukan outlet.
5. Bagaimana cara melakukan deposit?
Lakukan deposit untuk mengisi saldo yang berfungsi untuk memulai bisnis Anda. Sistem pengambilan tiket deposit dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
  • Melalui software aplikasi Sentra Bisnis FASTPAY atau via Web Report
  • Melalui SMS
    • Dengan format: DEP*BANK*NOMINAL*PIN
    • Contoh: DEP*BCA*1000000*123456
    • Kirim ke SMS Center Sentra Bisnis FASTPAY: 0857 3032 0058 (Indosat) / 0812 2889 9888 (Telkomsel) / 0878 3839 5999 (XL)
Anda akan diberi nomor tiket 3 digit yang ditambahkan pada nominal deposit Anda. Nomor tiket memang akan selalu bervariasi. Hal ini dimaksudkan agar lebih mempercepat proses penginputan pada sistem. Untuk layanan deposit sendiri dibuka pada pukul 08.00 s/d 21.00 WIB
6. Apakah ada minimal deposit?
Sentra Bisnis FASTPAY tidak mensyaratkan minimal deposit, cukup dengan Rp50.000 Anda sudah dapat mulai melakukan transaksi. Untuk jumlah maksimal kami sediakan tak terbatas/unlimited sesuai dengan kebutuhan pembayaran Anda kepada konsumen. Tidak ada pengendapan deposit, sehingga Anda dapat melakukan transaksi hingga Rp0.
7. Kapan Sentra Bisnis FASTPAY dapat digunakan untuk bertransaksi?
Layanan dapat langsung Anda gunakan setelah melakukan registrasi dan aktivasi serta deposit. Setelah paket stater-kit Anda tiba, segera lakukan proses instalasi aplikasi desktop atau mobile yang ada.
Cara instalasi aplikasi desktop, dapat Anda lihat dalam buku panduan yang akan Anda dapatkan di dalam paket stater-kit beserta CD aplikasi. Atau melalui website www.fastpay.co.id pilih menu PANDUAN & DOWNLOAD
8. Saya tidak punya rekening bank, apakah saya masih dapat bergabung di Sentra Bisnis FASTPAY? Bagaimana cara depositnya?
Tentu saja Anda dapat bergabung. Pembayaran deposit dapat Anda bayarkan via teller dengan sistem setor tunai yang di tujukan kepada rekening bank kami dengan nominal sesuai dengan tiket deposit yang telah Anda ambil sebelumnya. Atau Anda dapat melakukan pembayaran deposit melalui outlet Sentra Bisnis FASTPAY terdekat atau melalui Koordinator Wilayah Sentra Bisnis FASTPAY yang terdekat dengan Anda.
9. Apakah dapat melakukan deposit menggunakan rekening lain, bukan atas nama pemilik deposit?
dapat. Asal Anda tetap melakukan prosedur sesuai dengan apa yang kami jelaskan di menu Cara Deposit sebelumnya.
10. Rumah saya jauh dari ATM/bank, bagaimana saya dapat melakukan deposit?
Anda tetap dapat bergabung dengan kami. Sedangkan untuk sistem depositnya dapat melalui outlet Sentra Bisnis FASTPAY terdekat atau menghubungi upline Anda.
11. Apa yang harus saya lakukan, jika saya sudah transfer deposit namun saldo di akun saya belum bertambah?
Jika itu terjadi ada beberapa kemungkinan yang terjadi, diantaranya:
  • Saldo yang ditransferkan tidak sesuai dengan respon tiket yang Anda ambil.
  • Terjadi keterlambatan SMS report ke member untuk penginputan depositnya.
  • Internet banking sedang mengalami gangguan.
  • Solusi: lakukan pengecekan saldo melalui aplikasi atau SMS.
  • Solusi: Anda dapat mengirimkan bukti transfer deposit ke: support[at]fastpay.co.id agar dilakukan pengecekan oleh customer service.
Jangan takut jika terjadi gangguan pada internet banking atau gangguan system. Karena, meski tiket kadaluarsa dan Anda sudah terlanjur transfer saldo Anda akan tetap kami inputkan.
12. Apakah dapat melakukan transfer saldo antar member? Jika dapat, apa yang harus saya lakukan jika terjadi kesalahan penulisan ID akun?
Transfer saldo dapat dilakukan antar member (upline ke mitra atau sebaliknya) dengan menggunakan cara berikut ini:
Melalui SMS, dengan format: KIRIM*ID AGEN TUJUAN*NOMINAL*PIN
  • Contoh: KIRIM*FA xxxxx*1000000*123456
  • Kirim ke SMS Center Sentra Bisnis FASTPAY: 0857 3032 0058 (Indosat) / 0812 2889 9888 (Telkomsel) / 0878 3839 5999 (XL)
Namun jika terjadi kesalahan transfer ke ID lain, segera konfirmasikan kepada kami secepatnya melalui call center atau email support[at]fastpay.co.id sebelum deposit tersebut terpakai oleh ID yang bukan dikehendaki.
13. Apakah saldo deposit yang kita memiliki memiliki masa berlaku dan akan hangus jika melewati waktu tersebut?
Saldo deposit Sentra Bisnis FASTPAY tidak memiliki masa hangus atau expired. Sehingga saldo tersebut tidak akan berkurang jika tidak dipergunakan untuk melakukan transaksi.
14. Berapakah saldo deposit minimal untuk melakukan transaksi di Sentra Bisnis FASTPAY?
Sentra Bisnis FASTPAY tidak memberlakukan minimum saldo deposit sehingga para mitra dapat menggunakan saldo hingga angka nol. Tidak ada aturan untuk nominal minimum pengendapan saldo.
15. Apa yang dimaksud dengan Username dan Password/PIN?
Username dan Pasword/PIN adalah identitas (ID) Anda yang terdaftar di sistem kami. Identitas tersebut berfungsi untuk melakukan login di aplikasi payment Sentra Bisnis FASTPAY (via desktop maupun mobile) serta Web Report Anda.
16. Apabila menggunakan dua metode outlet sekaligus baik metode menetap (desktop) maupun metode bergerak (mobile), apakah dapat hanya menggunakan username dan password yang sama?
dapat. Anda dapat menggunakan dua metode itu sekaligus dengan menggunakan username dan password yang sama.
17. Apa fungsi Dongle sebenarnya dan mengapa ada pilihan menggunakan metode itu?
Dongle berfungsi sebagai pengaman/security dikarenakan tingkat keamanannya yang tinggi, sehingga username ataupun pasword Anda tidak akan di salah gunakan oleh pihak lain. Salah satu kelebihan dongle yang lain adalah satu dongle hanya berlaku untuk satu ID. Sehingga ID Anda tidak akan dapat dipergunakan oleh orang lain.
18. Bagaimana mekanisme pencairan fee/bonus?
Setiap transaksi payment yang Anda lakukan akan mendapatkan fee/bonus dari Sentra Bisnis FASTPAY. Jumlah fee yang didapat sesuai yang telah tertera dalam menu LAYANAN & FEE di website kami.
Adapun fee/bonus itu akan terakumulasi dalam waktu satu bulan, kecuali transaksi pulsa prabayar memang tidak ada fee. Namun Anda akan mendapatkan margin secara langsung dengan menaikan hrga yang telah kami berikan.
Fee/bonus secara otomatis akan kami kirim ke dalam deposit ID Anda setiap tanggal 1-3 tiap bulannya. Misalnya fee/bonus untuk bulan Juni akan terkirim secara otomatis antara tanggal 1-3 di bulan Juli.
19. Apakah jumlah fee/bonus itu dapat diketahui setiap saat (realtime)?
Bisa dan caranya pun sangat mudah, yaitu:
  • Melalui Aplikasi Sentra Bisnis FASTPAY pada menu Administrasi dan sub menu Cek Komisi
  • Melalui SMS, dengan format: CBONUS*PIN
  • Contoh: CBONUS*123456 – Kirim ke SMS Center Sentra Bisnis FASTPAY: 0857 3032 0058 (Indosat) / 0812 2889 9888 (Telkomsel) / 0878 3839 5999 (XL)
20. Apabila terjadi kesalahan pengiriman pulsa ke nomor handphone atau ID pelanggan apakah saldo deposit dapat dikembalikan?
Jika transaksi yang dilakukan sudah dinyatakan sukses, maka saldo deposit Anda yang terpotong sudah tidak dapat di cancel ataupun dikembalikan. Namun jika nomor handphone tujuan atau ID pelanggan tidak di kenali maka transaksi akan dinyatakan gagal secara otomatis. Untuk itu selalu teliti kembali nomor tujuan Anda sebelum bertransaksi.
21. Jika report transaksi pulsa telah sukses namun ternyata pulsa belum masuk ke nomer bersangkutan, bagaimana solusinya?
Silahkan cek nomor tujuan Anda dan pastikan sudah benar. Jika ternyata nomor yang dituju sudah benar dan Anda sudah mendapatkan respon sukses dengan SN yang valid, tetapi pulsa masih belum terkredit ke nomor yang dituju, maka segera laporkan kepada Customer Service kami melalui SMS info, call center atau email support[at]fastpay.co.id
Silahkan lakukan pengecekan juga melalui provider masing-masing sesuai jenis nomor ponsel. Daftar provider adalah sebagai berikut:
  • Simpati/AS : Call center 116 & cek pulsa *888#
  • Mentari : Call center 222 & cek pulsa *555#
  • IM3 : Call center 300 & cek pulsa *388#
  • XL Bebas/Jempol/Jimat : Call center 817 & cek pulsa *123#
  • StarOne : Call center 111 & cek pulsa *555#
  • Flexy : Call center 147 & cek pulsa *99#
  • SmartFren : Call center 888 & cek pulsa 999
  • Esia : Call center *999 & cek pulsa *955
  • AXIS : Call center 838 & cek pulsa *888#
  • 3 : Call center 123 & cek pulsa *111*1#
22. Layanan apa saja yang dapat dilakukan melalui SMS?
Banyak sekali layanan yang dapat Anda lakukan melalui sms. Berikut adalah daftar layanan apa saja yang dapat Anda dapatkan melalui fitur SMS.
    • Registrasi Outlet Baru
      FASTPAY*[NOMORPONSEL]*[NAMA]*[ALAMAT]*[KOTA]
  • Mendaftarkan Mitra Baru
    DAFTAR*[NOPONSEL]*[NAMA]*[ALAMAT]*[KOTA]*[ID Anda]*[PIN]
  • Pengambilan Tiket Aktivasi
    AKTIF*[BANK]*[NOMINAL]*[AGENID]*[PIN]
  • Pengambilan Tiket Deposit
    DEP*[BANK]*[NOMINAL]*[PIN]
  • SMS Info
    INFO*[ISI KOMPLAIN]
  • Cek Saldo
    SAL*[PIN]
  • Tranfer Saldo
    KIRIM*[AGEN ID TUJUAN]*[NOMINAL]*[PIN]
  • Cek Bonus
    FASTPAY CBONUS*[PIN]
  • Ganti PIN
    GP*[NOPIN_BARU]*[PIN_LAMA]
  • Pembelian Pulsa
    [KODE PULSA]*[NO HP]*[PIN]
Kirim ke SMS Center Sentra Bisnis FASTPAY: 0857 3032 0058 (Indosat) / 0812 2889 9888 (Telkomsel) / 0878 3839 5999 (XL)
23. Apakah yang menjadi penyebab kegagalan login dalam aplikasi desktop?
Ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi alasan mengapa Anda tidak dapat login ke dalam aplikasi Sentra Bisnis FASTPAY desktop. Berikut adalah beberapa penyebab yang biasanya sering terjadi:
  • Pastikan Username serta Password/PIN yang Anda masukkan sudah benar.
  • Pastikan dongle sudah terpasang dengan benar dan menyala sesuai dengan petunjuk.
  • Kegagalan login juga dapat disebabkan oleh versi desktop yang belum ter-update. Kami sarankan Anda untuk selalu mendownload Sentra Bisnis FASTPAY versi desktop terbaru.
  • Anda dapat melakukan upgrade desktop Sentra Bisnis FASTPAY dengan versi terbaru yang kami siapkan di Web Report Anda. Untuk panduan instalasi Sentra Bisnis FASTPAY via desktop dapat Anda temukan di menu PANDUAN & DOWNLOAD. Selalu pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan stabil.
  • Silahkan setting koneksi ke server dengan benar dan silahkan setting data-data outlet Anda di menu setting kanan bawah bergambar Palu & Obeng pada aplikasi desktop Sentra Bisnis FASTPAY Anda.
24. Untuk Printer apakah harus menggunakan merk dan jenis tertentu? Dan untuk kertas menggunakan ukuran berapa?
Untuk aplikasi Sentra Bisnis FASTPAY desktop dapat disupport oleh semua printer yang umum digunakan masyarakat modern saat ini. Baik yang type inkjet, laser, maupun yang dot matrix. Untuk kertas disarankan untuk menggunakan kertas ukuran A6 (105mmx148mm). Untuk aplikasi Sentra Bisnis FASTPAY berbasis aplikasi mobile dapat menggunakan Printer Mobile Zonerich AB-320M.
25. Bagaimana cara melakukan setting printernya?
Untuk setting printer dapat mengikuti petunjuk berikut ini:
  • Printer inkjet maupun dot matrix dengan koneksi USB menggunakan setting printer General, jika printer dengan koneksi LPT maka yang digunakan adalah setting printer Dot Matrix (LPT 1).
  • Pastikan power printer menyala dan telah terhubung dan terdeteksi dengan computer.
  • Setting default printer yang di gunakan pada menu control panel.
  • Panduan setting printer secara lengkap dapat Anda temukan menu PANDUAN & DOWNLOAD
26. Saat melakukan transaksi, ternyata terjadi RTO atau FATAL TRANSPORT ERROR. Lalu apa yang harus di lakukan?
  • Silahkan cek terlebih dahulu di Web Report Anda untuk mengecek validasi transaksi. Jika tidak berhasil dan saldo Anda tidak terpotong silahkan ulang kembali transaksi Anda.
  • Pastikan koneksi internet Anda dalam kondisi stabil.
27. Apakah nomor token PLN Prabayar untuk ID Pelanggan A dapat diinputkan ke meter ID Pelanggan B?
Nomor token PLN Prabayar hanya dapat diinputkan untuk meter ID Pelanggan yang ditransaksikan dan tidak dapat diinputkan ke meter ID Pelanggan lain.
28. Apa yang harus dilakukan jika ada pelanggan kurang yakin atas suksesnya transaksi melalui Outlet Toko Modern FASTPAY?
Untuk meyakinkan pelanggan atas transaksi yang dilakukan silahkan menghubungi:
  • Call center PLN: 123
  • Call center TELKOM: 147
  • Atau silahkan cek dari ATM, internet banking dll
  • Lakukan inquiry kembali, bila status data tidak ditemukan atau tidak memunculkan tagihan, maka transaksi sudah terbayarkan.
29. Apakah member memerlukan surat ijin untuk membuka loket pembayaran?
Tidak perlu, karena bisnis ini murni bisnis loket pembayaran dan Anda akan mendapatkan surat resmi penunjukan outlet dari PT Bimasakti Multi Sinergi sebagai bukti sah.
30. Apakah Sentra Bisnis FASTPAY dapat menerbitkan invoice tagihan terlebih dahulu?
Tidak dapat. Untuk pembayaran produk-produk tertentu, mitra dapat melakukan pengecekan tagihan terlebih dahulu untuk transaksi yang ingin dilakukan.
Contoh, Anda ingin membayar telepon, internet maupun listrik. Anda dapat melakukan pengecekan jumlah tagihan di call center Telkom, maupun PLN terlebih dahulu. Sehingga Anda dapat tahu dengan pasti berapa deposit yang harus Anda sediakan.
Untuk mengecek tagihan tidak akan dikenakan biaya atau gratis.
31. Dimanakah saya dapatkan informasi update tentang promo-promo di Sentra Bisnis FASTPAY
  • Channel Telegram & Channel BBM resmi SBF
  • Popup aplikasi FASTPAY
  • Berita aplikasi FASTFLIGHT
  • Berita & Info di Web Report
  • Instagram: @FASTPAY_official
  • Email
  • SMS
  • Korwil Sentra Bisnis FASTPAY
Transaksi Tiket & Reservasi
1. Layanan tiket & reservasi Apakah yang tersedia?
Berikut layanan tiket & reservasi yang tersedia di Sentra Bisnis FASTPAY.
  • Layanan Tiket Kereta Api semua rute semua kelas.
  • Layanan Tiket Kereta Bandara (Railink).
  • Layanan Tiket Pesawat rute domestik dan internasional.
  • Layanan Reservasi Hotel.
  • Layanan Tiket PELNI.
  • Layanan Tiket Cinema.
  • Layanan Tiket Travel & Bus berjadwal.
2. Bagaimana saya melakukan reservasi tiket?
Anda bisa melakukan reservasi tiket dengan berbagai metode yang mudah, karena Anda akan kami lengkapi dengan beberapa aplikasi dan software reservasi sebagai berikut:
  • Aplikasi Desktop & Android FASTFLIGHT (untuk transaksi tiket pesawat).
  • Aplikasi Desktop & Android FASTKAI (untuk transaksti tiket kereta api).
  • Aplikasi berbasis Website (untuk transaksi tiket pesawat internasional, domestik, reservasi tiket kereta api, reservasi travel & bus, dan reservasi hotel)
Setelah Anda terdaftar, aktif, dan memiliki deposit yang cukup, silahkan buka aplikasi dan login. Anda bisa melakukan booking tiket maupun hotel. Lihat panduan untuk transaksi di Menu PANDUAN & DOWNLOAD
3. Bagaimana cara melakukan pembayaran tiket?
Untuk pembayaran bisa dilakukan secara LANGSUNG melalui sistem aplikasi FASTFLIGHT, jadi setelah booking/reservasi apabila sudah benar semua data dan rencana perjalanannya, maka bisa langsung klik BAYAR, tetapi terlebih dahulu mengisi pin member pada kolom isian pin dan pastikan saldo yang ada yang mencukupi untuk pembayaran tiket.
Apabila sudah booking dapat dicari di menu DATA BOOKING SAYA, untuk tarik data reservasi berdasarkan tanggal reservasi atau memasukkan kode booking maskapai. Setelah itu akan muncul data reservasi secara detail (nama, rute, tgl, jam, harga jual dan komisi) setelah itu klik/select ke menu BAYAR, tetapi terlebih dahulu mengisi pin member pada kolom isian pin dan pastikan saldo yang ada mencukupi untuk pembayaran tiket. Pada tahap pembayaran / issued, ada menu opsi tambahan asuransi perjalanan yang sekalian dapat dibeli dengan menyertakan atau mencontreng field TAMBAHKAN ASURANSI PERJALANAN, secara otomatis setelah selesai proses bayar/issued, struk (dapat juga digunakan sebagai invoice), etiket, dan sertifikat asuransi dapat langsung di print/cetak dari aplikasi FASTFLIGHT.
4. Bagaimana dengan Tiket?
Aplikasi FASTFLIGHT akan mengeluarkan struk dan e-tiket (elektronik tiket resmi standar maskapai) setelah berhasil pembayaran, dan calon penumpang dapat notifikasi via SMS yang berisi data penerbangan dan konfirmasi bahwa pembelian tiket telah berhasil.
Mitra bisa menggunakan struk sebagai bukti pembayaran (invoice) mencetak e-tiket untuk diberikan ke calon penumpang atau bisa juga hanya menggunakan SMS notifikasi dari FASTFLIGHT (calon penumpang secara otomatis mendapat SMS dari FASTFLIGHT ketika issued berhasil), dengan menunjukkan SMS tersebut ke counter maskapai di bandara untuk mendapatkan e-tiket apabila calon penumpang diluar kota.
Data e-tiket akan tersimpan di FASTFLIGHT untuk beberapa hari, apabila data e-tiket sudah tidak ada, maka mitra bisa download e-tiket melalui web report/member area pada menu Pesawat.
5. Bagaimana cara melakukan perubahan jadwal tiket?
Untuk melakukan perubahan jadwal harus dilakukan ke maskapai langsung dan tidak bisa dilakukan di system aplikasi fastflight. Mitra atau calon penumpang dapat melakukan perubahan jadwal penerbangan dengan menghubungi langsung pihak maskapai melalui Call Centre:
  • Lion Air (Group): 0804-1-77-88-99 / (+6221) 6379-8000
  • AirAsia: 021-2927-0999
  • Citilink: 0804-1-08-08-08
  • Sriwijaya Air: 0804-1-777-777-2
  • Garuda: 0804-1-807-807 / (+6221) 2351-9999)
  • TransNusa: (+62380) 822-555
  • xpressair : 500890
  • KALSTAR Aviation: (+6221) 2934-3456
  • Trigana Air: (+6221) 3483-3942
  • Tigerair: 031-5491555 / 021-6322544
  • JetStar:
Jika sudah melakukan perubahan jadwal dan setuju dengan biaya-biaya (jika ada) dari maskapai maka mitra atau calon penumpang dapat membayar kekurangan atau biaya-biaya reschedule (jika ada) dapat dibayar dikantor sales/penjualan (city counter) dan counter maskapai di bAndara atau dapat juga dilakukan pada waktu chek-in, 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan. Pastikan dikonfirmasikan terlebih dahulu ke maskapai untuk metode pembayarannya, karena kebijakan masing-masing maskapai berbeda.
6. Bagaimana caranya melakukan cancel/refund tiket?
Demi pelayanan prima dan kenyamanan para mitra, pengajuan refund/cancel tiket pesawat dapat langsung dilakukan melalui Webreport/Member Area – Menu Pesawat – Pengajuan Refund. Ketentuan Proses Cancel Refund, sebagai berikut:
  • Maskapai yang dapat diproses refund adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Batik Air, Sriwijaya Air, KALSTAR Aviation, TransNusa, Trigana Air, xpressair.
  • Maskapai yang tidak dapat diproses refund adalah AirAsia, Citilink, tigerair. Maskapai-maskapai tersebut tidak memperbolehkan refund untuk alasan apapun termasuk kompensasi akan segala jenis kehilangan atau ketinggalan pesawat. Hal Ini diterapkan karena perusahaan berfokus kepada penekanan biaya penerbangan agar tetap rendah dan terjangkau.
  • Seluruh Maskapai dapat memberikan Refund 100% atau pengembalian penuh oleh maskapai hanya dapat terjadi berdasarkan pembatalan sepihak oleh maskapai.
  • Proses refund tidak dikenakan biaya apapun dari SBF/FASTRAVEL. Pihak Maskapai berhak melakukan pengubahan jadwal penerbangan atau membatalkan penerbangan jika dianggap perlu demi alasan keselamatan dan teknis.
7. Bagaimana cara menambah komisi tiket?
Harga Jual tiket pesawat di SBF/FASTRAVEL semua maskapai sudah termasuk komisi untuk mitra. Apabila mitra menginginkan tambahan komisi, aplikasi FASTFLIGHT menyediakan menu untuk penambahan komisi yang member bisa memasukkan nominal yang yang dikehendaki akan tetapi nominal tersebut tidak semuanya masuk ke mitra, ada pembagian/sharing ke FASTFLIGHT sebesar 15% untuk service fee jadi yang tambahan fee yang masuk ke mitra adalah 85%.
Cara menambahkan komisi untuk mitra adalah:
  • Buka & login aplikasi FASTFLIGHT.
  • Cari menu ADMINISTRASI – SETTING FEE PESAWAT.
  • Terdapat kolom-kolom untuk masing-masing maskapai.
  • Masukkan nominal untuk penambahan komisi pada masing-masing maskapai, seluruh atau sebagian dengan nominal yang dikehendaki kemudian pilih simpan agar setting fee pesawat yang secara otomatis akan menambahkan ke harga jual tiket pesawat.
Nominal yang di tambahkan di SETTING FEE PESAWAT akan muncul di struk FASTRAVEL dengan keterangan BOOKING FEE. Dengan keterangan tersebut sangat umum dilakukan oleh biro perjalanan/travel agent sebagai biaya untuk jasa pemesanan tiket.
8. Apakah bisa booking group tiket? Apa syaratnya?
Beberapa ketentuan untuk melakukan booking group tiket pesawat adalah sebagai berikut:
  • Pengajuan Booking Group Maskapai dapat dilakukan oleh mitra SBF/FASTRAVEL, perorangan atau perusahaan.
  • Jumlah pax untuk booking group minimal 16 pax keatas.
  • Untuk info harga dan ketersediaan seat, bisa didapatkan 2-7 hari sebelum ke berangkatan (silahkan hubungi: marketing@fastravel.co.id / fastravel.bimasakti@gmail.com / 031-853-2580 (ext. 110))
  • Booking Group dilayani minimal 7 hari sebelum keberangkatan.
  • Hingga batas waktu yang di tentukan belum ada pembayaran deposit, maka reservasi grup akan dibatalkan.
  • Pembayaran yang telah dibayarkan tidak dapat di kembalikan kembali (Non-refundable Deposit / Tunai).
  • Kondisi tiket Non-Reroute / Non-Endorse (tidak dapat di ubah dan tidak dapat dipergunakan pada penerbangan lain).
  • Tiket group tidak bisa direfund.
  • Tidak di perkenankan Open Date Tiket (Open Date Tiket: tiket yang dapat digunakan sewaktu-waktu dengan batas maksimal dari maskapai 1 bulan, 6 bulan atau 1 tahun).
9. Bagaimana cara booking group?
  • Khusus mitra SBF/FASTRAVEL: mitra mengirimkan data lengkap (Nama mitra dan ID outlet, nama maskapai, tujuan, tanggal keberangkatan, jam keberangkatan, dan jumlah pax) ke alamat email marketing@fastravel.co.id / fastravel.bimasakti@gmail.com.
  • Khusus pelanggan umum: kirimkan data lengkap (nama maskapai, tujuan, tanggal keberangkatan, jam keberangkatan dan jumlah pax) ke alamat email marketing@fastravel.co.id / fastravel.bimasakti@gmail.com.
  • Setelah ada konfirmasi dari maskapai untuk booking group yang berupa harga, akan diinformasikan ke Mitra/pelanggan.
  • Jika Mitra/pelanggan sudah menyetujui harga yang telah dibooking, dapat segera melakukan konfirmasi kembali ke pihak FASTRAVEL via email sebelum Time Limit yang ada di reservasi grup tersebut.
  • Apabila setuju, kirimkan data lengkap nama penumpang sesuai KTP berikut gendernya (MR, MRS, MS, MISS, MSTR, INF) ke alamat email di atas (sbelum mengirim email diharapkan mengecek kembali nama di reservasi tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan nama pada saat penginputan di reservasinya oleh pihak maskapai).
  • Mitra melakukan pembayarannya DP terlebih dahulu sebelum Time Limitnya habis minimal sebesar 50% dari Total pembayarannya melalui Top Up deposit.
  • Mitra melakukan pelunasannya melalui Top Up deposit paling lambat 3 hari setelah pembayaran DP.
  • Setelah proses issued selesai, tiket akan di kirim oleh pihak FASTRAVEL melalui email marketing@fastravel.co.id / fastravel.bimasakti@gmail.com
Jika ada pertanyaan selain pertanyaan di atas..
Anda dapat menghubungi Customer Service Sentra Bisnis FASTPAY baik melalui SMS INFO, telepon call center, Livechat, maupun email support@FASTPAY.co.id